Info Sinertour

Ini 3 Kategori Jamaah yang Diprioritaskan jika Umrah Dibuka Lagi

Ini 3 Kategori Jamaah yang Diprioritaskan jika Umrah Dibuka Lagi

26/08/2020
375 view

Ditengah masa pandemi virus corona (covid-19) ini Pemerintah Arab Saudi belum membuka kembali penyelenggaraan ibadah umrah. Pemberhentian secara sementara dilakukan sejak 27 Februari 2020 karena terjadi pandemi secara global, termasuk di Tanah Suci Makkah.


Akibat dihentikannya penyelenggaraan ibadah umrah tersebut, banyak jamaah umrah, khususnya dari Indonesia, yang tertunda keberangkatannya. Pemerintah sendiri menyebut ada tiga kategori yang akan diprioritaskan berangkat jika Pemerintah Saudi sudah membuka perjalanan ibadah umrah.


"Ada tiga kategori yang akan diprioritaskan berangkat jika Saudi membuka (umrah)," tegas Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama Muhammad Arfi Hatim dalam diskusi 'Menatap Umrah 1442H', sebagaimana dikutip dari haji.kemenag.go.id, Selasa (25/8/2020).


Kategori pertama adalah jamaah umrah yang tertahan keberangkatannya saat berada di Bandara Indonesia. "Kategori pertama adalah mereka yang tertahan keberangkatannya saat berada di Bandara Soetta, Surabaya, Makassar, dan sebagainya yang akan take-off ke Arab Saudi," jelas Arfi.


Kategori kedua adalah jamaah yang tertahan di negara-negara transit seperti Malaysia, Singapura, Dubai, Oman, dan sebagainya.


Lalu kategori ketiga adalah jamaah umrah yang sudah mempunyai jadwal keberangkatan. "Dan kategori ketiga adalah jamaah yang sudah memiliki jadwal keberangkatan," paparnya.


Sampai saat ini, kata Arfi, belum ada kepastian dari Pemerintah Arab Saudi kapan dibukanya kembali ibadah umrah. Ia berharap kepada Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) untuk tidak menawarkan paket layanan umrahnya sampai ada kepastian dari Arab saudi.


"Kita masih menunggu kepastian dari Saudi. Saya harap PPIU tidak menawarkan dahulu paket layanan umrahnya," tegasnya.


Sumber : Okezone.com