Info Sinertour

BERKAHNYA UMROH DI BULAN RAMADHAN

BERKAHNYA UMROH DI BULAN RAMADHAN

12/04/2019
31 view

Luar Biasanya, jumlah Umroh Ramadhan bisa mencapai dua kali lipatnya Jumlah Jamaah Haji. Tak heran memang, sebab penduduk lokal di sana pun memadati masjid untuk beritikaf.  Apalagi dalam sebuah hadits shahih disebutkan bahwa pahala umroh di bulan ramadhan, seperti pahala orang yang berhaji bersama Rasulullah. Selanjutnya terkait dengan waktunya, umrah Ramadhan tersebut mencakup seluruh bulan Ramadhan. Yakni bisa dilakukan di awal, di pertengahan, atau di akhir Ramadhan. Tentu saja, sepuluh hari terakhir berikut malamnya merupakan waktu terbaik. Para ulama menyebutkan sebuah kaidah, "Amal-amal kebaikan bisa berlipat ganda nilainya jika dilakukan pada waktu dan tempat yang mulia dan istimewa, berikut hadist yang menerangkan tentang keutamaan Umroh di bulan suci Ramadhan.

 

"Umrah di bulan Ramadhan menyamai haji" dalam riwayat lain, "Umrah di bulan Ramadhan menyamai haji bersamaku." (HR Ahmad dan Ibnu Majah).

 

 

Mungkin karena hal itulah menjadi pemicu kenaikan tarif umroh ramadhan menjadi jauh tinggi dari pada umroh di bulan lainnya. Dari kisaran tiga puluhan hingga ratusan juta rupiah, tergantung fasilitas hotel, pesawat dan paket yang diambil oleh jamaah.

 

Tarif yang tinggi ini dikarenakan harga hotel yang melejit jika masuk bulan Ramadhan, terutama di Makkah. Karena berapa pun tarif yang dipasang, selalu saja hotel-hotel tersebut penuh. Apalagi jika jaraknya dekat dengan masjid. Bahkan hotel bisa tiba-tiba berubah dari brosur yang ditawarkan karena ada oknum pemilik hotel yang mendadak menaikkan tarif sebab ada tawaran yang lebih tinggi, padahal hotel tersebut sudah dibooking dan dibayar lebih dulu, Namun pihak hotel tidak mau tahu, dan mengembalikan uang yang sudah dibayarkan ke pihak travel dan tidak mau bertanggung jawab terhadap nasib para jamaah. Memang terkadang orang arab yang mata duitan di sana sulit untuk dipercaya kata katanya, mereka bisa berubah ubah sekehendak hati mereka baik dalam harga dan lain lain sebagainya.

 

Situasi umrah saat ramadhan bahkan jauh lebih penuh daripada saat musim haji. Situasi thawaf di masjidil haram selalu disiarkan secara live di TV. Setiap saat, Ka’bah tidak pernah terlihat sepi, bahkan pada tengah malam atau tengah hari sekali pun . Di awal dan pertengahan ramadhan jumlah jamaah di masjidil haram sekitar 4 juta jiwa. Kalau ada yang bilang New York kota yang tidak pernah tidur, maka mereka harus melihat Makkah saat malam 27 ramadhan, jamaahnya mencapai 7 juta jiwa, Jauh lebih banyak dari musim haji sekalipun sehingga pemerintah Saudi terpaksa melarang jutaan jamaah lain di Madinah untuk memasuki Mekah karena kapasitasnya sudah tidak mencukupi.

 

Momen paling mengharukan adalah saat buka puasa di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram, dimana kita semua berkumpul dan berbagi makanan dengan orang-orang dari seluruh dunia. Makanan di masjid pun tiap hari ada aja yang supply, baik itu roti, kurma, yoghurt, teh arab bahkan nasi briyani lengkap dengan lauknya. Menu buka puasa favorit disini tentu saja free flow air zam-zam yang segernya subhanallah. Gak heran banyak orang-orang dari Turki, Mesir, India, Afrika yang umroh dengan cara camping di masjid, karena semua fasilitas sudah tersedia disana.

 

Jadi ada baiknya mulai dari sekarang kita merencanakan untuk melaksanakan Umroh di bulan Ramadhan bersama dengan orang yang kita sayangi, selain pahalanya luar biasa banyak juga bisa mendapatkan pengalaman baru dalam hidup. Harta yang penuh keberkahan adalah harta yang dimanfaatkan dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Wasalam - Labbaik